Taklimat Awal Wasrik Tahap I, Kapolda Sultra Tekankan Berdayakan Fungsi Pengawasan.

Tribratanews.sultra.polri.go.id – Kapolda Sultra Brigjen Pol Drs. Merdisyam, M.Si. menekankan agar para Kasatker dan Satwil agar memberdayakan fungsi pengawasan. Hal tersebut disampaikan dalam giat Wasrik Rutin Tahap I yang dilaksanakan di Aula Dachara, Kamis (06/02/2020), yang diikuti oleh jajaran Kapolres beserta PJU Polda Sultra.

Kapolda mengatakan Wasrik Rutin Tahap I ini merupakan agenda rutin setiap awal tahun agar anggaran kedepan dapat dideteksi sedini mungkin agar penyimpangan dapat diminimalisir.

“Semua itu demi terwujudnya Polri good and clear government melalui penguatan pengawasan aparatur Polri secara pola pikir dan budaya kerja,” kata Brigjen Pol Merdy.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka perlu penyadaran dan tanggung jawab untuk melaksanakan tugas secara maksimal terutama terkait visi misi dan peran pengawas internal. Pengawas diperlukan untuk menjamin kegiatan dapat berjalan efektif dan efisien dalam organisasi serta untuk mencari solusi.

Fungsi pengawas diperlukan untuk optimalkan system pengendalian intern yang merupakan peran dan tanggung jawab satker sebagai kuasa pengguna anggaran.

Kapolda menekankan agar Kasatker dan satwil berdayakan aparat pengawas di lingkungan kerja sehingga temuan dapat diminimalisir serta evaluasi agar jangan terulang adanya temuan.

Dengan adanya fungsi pengawas yang berjalan merupakan bentuk dari pertanggungjawaban sehingga dapat di evaluasi anggaran atau perwabkeu, untuk mengurangi adanya temuan agar berkurang.

Sebagai penutup Brigjen Pol Merdisyam memberikan arahan agar sinergis lintas fungsi dalam rangka transparansi dan akuntabilitas Polri serta Wasrik bukan untuk cari kesalahan, tetapi lebih pada tim konsulting kita bisa perkecil kesalahan gunanya agar dapat berjalan sesuai perencanaan yang ada.