Direktorat Binmas Polda Sultra Gelar Rakor Ops Bina Karuna 2020

sultra.tribratanews.com – Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Sultra (Dit Binmas) melaksanakan kegiatan rapat koordinasi fungsi terkait Ops Bina Karuna 2020 di ruang Dirbinmas, Jumat (31/01/2020).

Rapat yang dipimpin oleh Dirbinmas Polda Sultra Kombes Pol Drs. Erfan Prasetyo tersebut bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait pelaksanaan operasi kewilayahan dengan sandi “Operasi Bina Karuna Anoa 2020”.

“Kita samakan persepsi pelaksanaan Operasi Bina Karuna Anoa 2020 Polda Sultra agar dapat berjalan secara baik dan maksimal,” ungkapnya saat membuka rapat yang diikuti oleh jajaran lintas fungsi satker tersebut.

Tujuan Operasi yang menitik beratkan pada Karhutla ini yaitu mencegah dan meminimalisir, menggugah kesadaran masyarakat, melaksanakan langkah pencegahan /antisipasi dan memetakan wilayah rawan, serta meningkatkan sinergi antar instansi hingga pemberdayaan masyarakat.

Kombes Pol Erfan menegaskan bahwa sasaran operasi terbagi menjadi potensi gangguan diantaranya curah hujan tinggi dan lingkungan tidak bersih, ambang gangguan diantaranya pendangkalan dan arus buntu, hingga gangguan nyata bencana alam diantaranya banjir dan longsor yang rutin menghantui masyarakat di Sultra.

Yang menjadi target operasi dalam operasi Bina Karuna kali ini yaitu orang yang tinggal di pesisir sungai, pantai, kanal, hutan, bukit, dan lokasi atau tempat wilayah yang rawan banjir dan longsor serta kegiatan pembukaan lahan dan buang sampah bukan pada tempatnya.